Selasa, 17 Desember 2013

DRAWING 16 BESAR LIGA CHAMPIONS

Selasa, 17 Desember 2013

Kemarin malam, baru saja undian babak 16 besar Liga Champions telah dilakukan. Prediksi sebelumnya mengatakan bahwa bakal terjadi duel menarik pada babak 16 besar. Hal ini mungkin terjadi karena beberapa tim besar berada pada posisi runner up grup seperti Arsenal, Bayern Munich dan AC Milan. Undian babak 16 besar Liga Champions dilakukan di Nyon, Swiss.


Sumber gambarhttp://www.goal.com/id-ID


Arsenal vs Bayern Munich
Sang juara bertahan, Bayern Munich akan bejumpa dengan sang pemuncak klasemen sementara EPL, Arsenal. Pertandingan ini merupakan ulangan babak 16 besar musim lalu dimana Bayern Munich berhasil lolos dengan agregat 3-3 karena unggul gol tandang. Di Emirates Stadium, Arsenal takluk oleh Bayern Munich 1-3. Akan tetapi, ketika Arsenal bertandang ke Allianz Arena mereka berhasil membungkan Bayern Munich 2-0. Pada musim ini, diyakini pertandingan keduanya akan kembali berlangsung sengit. Saat ini Bayern Munich berada di tangan eks pelatih El Barca, Pep Guardiola dan sedang berada di puncak klasemen Bundesliga dengan keunggulan 7 poin dari posisi runner up. Mereka juga belum terkalahkan hingga saat ini di Bundesliga. Sementara Arsenal, musim ini tampil cukup mengesankan dan berhasil memuncaki klasemen EPL hingga pekan ke-16, unggul 2 poin dari posisi runner up. Kehadiran bintang Jerman, Mesut Ozil dan performa Aron Ramsey yang kian matang menjadikan Arsenal lebih menakutkan musim ini. So, siapakah pemenangnya? Kita nantikan Bulan Februari nanti.



Manchester City vs Barcelona
Lanjut ke pertandingan lainnya, ada pertandingan menarik antara Barcelona kontra Manchester City. Lagi-lagi, The Citizen harus bertemu lawan sulit di Liga Champions. Pada dua musim sebelumnya, The Citizen ditempatkan pada grup neraka dan membuat mereka gagal mencapai babak 16 besar. Pada musim ini, mereka berhasil lolos ke babak 16 besar dan langsung berhadapan dengan tim kuat, Barcelona. Tentu ini merupakan ujian berat bagi anak asuhan Manuel Pellegrini. Penampilan The Citizen sendiri di Liga belum terbilang cukup meyakinkan. Saat ini mereka memang bertengger di peringkat ke-3 tertinggal 3 poin dari Arsenal. Rekor kandang mereka juga sempurna setelah mencatat kemenangan 100% musim ini. Dari 8 pertandingan yang telah digelar, The Citizen mampu meraih 8 kemenangan dengan mencetak gol sebanyak 35 dan hanya kebobolan 5 gol. Namun, rekor ini berbanding terbalik dengan saat mereka melakoni laga tandang. The Citizen hanya mampu meraih 2 kemenangan dari 8 pertandingan yang telah dijalani. Sang pelatih Manuel Pellegrini pasti sudah tak asing dengan gaya permainan El Barca mengingat ia pernah melatih di salah satu klub Liga Spanyol.

Di sisi lain, Barcelona saat ini memimpin klasemen Liga Spanyol bersama dengan Atletico Madrid. Barcelona unggul selisih gol sehingga mereka berada di puncak. Jika dilihat dari beberapa penampilan terakhir El Barca, memang mereka tidak menakutkan seperti musim sebelumnya. Absennya  beberapa pemain pilar tampaknya menjadi penyebab turunnya performa El Barca. Sang bintang Lionel Messi dan kiper utama Victor Valdes masih berkutat dengan cedera walaupun masih ada kemungkinan keduanya telah pulih saat laga melawan The Citizen dilakukan. Carlos Puyol yang menjadi tulang punggung lini belakang Barcelonan dalam beberapa musim terakhir belum menemukan penampilan terbaiknya mengingat usianya yang juga sudah tidak produktif. Tapi Barcelona tetaplah Barcelona. Mereka masih memiliki banyak bintang di dalamnya. Neymar, Xavi, Iniesta, Pique dan lainnya pasti tetap menyulitkan bagi The Citizen. Pertandingan ini akan sangat dinantikan oleh banyak pihak. We will see it on February!

Olympiakos vs Manchester United
Setelah berhasil memuncaki grup A dengan perolehan 14 poin, Manchester United sedikit diuntungkan karena hasil undian yang mempertemukan mereka dengan wakil Yunani, Olympiakos. Penampilan Manchester United di Liga memang belum meyakinkan setelah hanya mampu bertengger di posisi ke-8 EPL. Masih ada banyak waktu sebelum laga 16 besar dimulai. Let's prepare! GGMU!!!
(*penulisnya seorang Manchunian soalnya, :D)

Schalke vs Real Madrid
Pada pertandingan ini, Real Madrid lebih diunggulkan untuk meraih kemenangan. Dilihat dari kualitas pemain, jelas bahwa El Real jauh lebih unggul. Duo pemain termahal dunia, CR7 & Gareth Bale siap bahu-membahu untuk mewujudkan gelar Liga Champions ke-10 bagi El Real. Tapi perlu diingat bahwa El Real musim lalu takluk oleh tim Jerman lainnya, Borussia Dortmund. Diyakini juga bahwa Schalke juga akan menyulitkan El Real ketika bermain di Jerman nantinya.

Galatasaray vs Chelsea
Jose Mourinho akan reuni dengan mantan anak asuhnya saat berjumpa dengan Galatasaray di babak 16 besar nanti. Di Galatasaray ada Didier Drogba yang merupakan anak asuhnya ketika melatih Chelsea periode pertama dan ada juga Wesley Sneijder yang merupakan anak asuhnya ketika Mourinho merengkuh Treble Winners bersama Inter Milan.

AC Milan vs Atletico Madrid
Sang kuda hitam yang tampil meyakinkan di fase grup akan bertemu tim langganan Liga Champions AC Milan. Dilihat dari sejarah keduanya di Liga Champions, jelas bahwa i Rossoneri lebih unggul dari lawannya. Namun musim ini, AC Milan masih tertatih-tatih baik di Liga Italia maupun Liga Champions. Di Liga, AC Milan hanya mampu bertengger di posisi ke-11 hingga pekan ke-16. Di Champions, AC Milan harus berjuang hingga detik terakhir saat melawan Ajax Amsterdan hingga kedudukan akhir 0-0 yang membuat AC Milan lolos sebagai runner up grup H. Sebaliknya, Atletico Madrid tampil meyakinkan musim ini. Di Liga Spanyol, mereka menempel ketat Barcelona dengan koleksi poin yang sama. Akan tetapi, Atletico Madrid memiliki selisih gol yang lebih sedikit dibandingkan Barcelona sehingga mereka duduk nyaman di peringkat kedua. Di fase grup Liga Champions, Atletico Madrid tampil meyakinkan dengan koleksi 16 poin hasil 5 kemenangan dan 1 seri.

Dua pertandingan lainnya mempertemukan :
Zenit vs Borussia Dortmund
Bayer Leverkusen vs PSG

Babak 16 besar Liga Champions leg pertama akan digelar pada 18, 19, 25 dan 16 Februari 2014. Sementara leg kedua akan digelar pada tanggal 11, 12, 18, dan 19 Maret 2014. Siapakah saja yang mampu lolos dari babak 16 besar, kita liat nanti.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan komentar anda di kolom ini !