Sabtu, 01 Juni 2013

INTERNATIONAL MATHEMATICAL OLYMPIAD 2013

Hey Bloggers mania, lama gak share nih. Maklum, lagi sibuk, hehee...   Kali ini, gw akan berbagi pengalaman sewaktu gw jadi asisten pada event IMO. Kalian tahu apa itu IMO? Bagi yang udah pernah ikut kompetisi ini pasti tau lah ya. IMO itu adalah singkatan dari International Mathematical Olympiad. Ajang kompetisi ini mempertemukan para jagoan matematika dari seluruh dunia. Pesertanya ialah anak-anak setingkat SMA. Jangan salah lo bloggers, Indonesia menjadi salah satu negara yang ikut berpartisipasi dalam event bergengsi ini. Kita harus tunjukkan dong bahwa Indonesia punya anak-anak calon scientist masa depan. Setiap tahunnya, IMO diselenggarakan di tempat yang berbeda. Tahun lalu, IMO diselenggarakan di Argentina dan pada tahun ini, IMO akan diselenggarakan di negara Amerika Latin lainnya, Kolombia.

Kembali dengan pengalaman gw saat jadi asisten IMO. Saat ini, peserta IMO telah memasuki tahap seleksi akhir. Tahap seleksi biasanya dilakukan mulai dari tingkat kabupaten, provinsi, dan seterusnya hingga tersisa beberapa orang. Saat ini, peserta tersisa 9 orang meliputi dua orang siswi dan tujuh orang siswa. Mereka dikarantina selama sebulan untuk menjalani pelatihan sebagai bekal menuju Kolombia. Dari hasil karantina ini, nanti akan diseleksi lagi menjadi 6 orang untuk diberangkatkan ke Kolombia. Nah, kerjaan gw sebagai asisten di sini ialah sebagai asisten stand by. Asisten dibagi menjadi dua, yakni asisten pengajar yang bertugas sebagai tutor untuk peserta dan asisten stand by yang bertugas sebagai orang yang siaga jika dosen pengajar butuh sesuatu, seperti nge-print, fotocopy, isi spidol dan hal-hal lainnya. Asisten stand by juga bertugas untuk mendampingi peserta ketika sedang tidak ada kegiatan.



Pertama kali diajak sebagai asisten IMO oleh teman gw yang bernama Michael (biasa dipanggil Mike). Awalnya sih, agak membosankan karena tugas gw cuma sekedar itu-itu aja. Kalo dosen gak nyuruh apa-apa, kerjaan gw hanya duduk manis, ngobrol sama peserta dan makan serta yang paling penting dibayar, hahaa.... Peserta biasanya akan mulai pelatihan dari jam 7.00 hingga 16.00 dengan istirahat makan siang selama satu jam mulai pukul 12.00. Waktu luang gw ketika pelatihan dilakukan, gw gunakan untuk mengerjakan skripsi. (Doakan agar skripsi gw cepat selesai ya, :D)

Mereka itu luar biasa. Matematika yang mereka pelajarin udah bukan matematika SMA biasa, tingkatannya udah jauh di atasnya (ialah buat level internasional). Jujur, gw aja kesulitan ngerjain soal-soal yang dikasih ke mereka. Mereka pelajarin aljabar, geometri, teori bilangan, kombinatorik dan materi lainnya. Mau liat suasana mereka ketika belajar, nih perhatikan baik-baik. Diskusi yang mereka lakukan sangat kondusif. Pola diskusi yang baik. Mereka saling tukar pikiran ketika menemukan soal yang sulit untuk diselesaikan.
Sssstttt,...  Mereka lagi belajar!


Nah, kalo yang ini mereka lagi makan siang. Kekeluargaan banget kan suasananya.

Agar mereka tidak jenuh selama pelatihan terkadang terdapat beberapa games yang diadakan. Biasanya terdapat psikolog yang datang pada akhir pekan untuk memberikan games ataupun seputar motivasi. Kadang-kadang kita juga hang-out bareng seperti nonton, jalan ke suatu tempat salah satunya ialah ke Dufan. Ini ketika kita sedang bersenang-senang di Dufan.



It's time to play in Dufan!


Versi Komplit

Setelah berhari-hari kenal dan dekat dengan mereka ternyata cukup mengasyikkan juga. Pengalaman yang gw rasakan ketika menjalani pekerjaan sebagai asisten cukup berharga. Mereka sangat menyukai matematika hingga ingin berprestasi seperti ini diajang internasional. Saya salut dengan mereka. Lalu pada akhirnya, tanggal 26 Mei 2013 diumumkanlah 6 orang yang lolos seleksi dari 9 orang peserta tersisa. Walaupun bukan peserta, gw ikut merasakan sensasinya. Lumayan terharu ketika melihat 3 orang peserta tidak bisa lolos ke tahap berikutnya. Berasa lihat Indonesian Idol atau ajang kompetisi lainnnya ketika ada peserta yang harus tereliminasi, ya jadi ngerasain langsung gimana suasananya.

Buat yang mau tau gimana sih prestasi Indonesia diajang IMO ini bisa langsung cek di official website-nya di http://www.imo-official.org/default.aspx. Disana terdapat berbagai info mengenai keikutsertaan Indonesia dalam ajang IMO. Bagi yang agak males buka website-nya nih gw kasih sedikit cuplikannya :
Prestasi Tim Indonesia secara Keseluruhan




Prestasi Indonesia secara Individu

Nah, keren kan prestasi Indonesia. Ini bukti bahwa kita mampu bersaing di kancah internasional. Tahun ini, kita menargetkan bisa membawa pulang 6 emas. So, enam peserta yang lolos pada tahap akhir ini masing-masing akan membawa satu emas, amiin. Mari kita doakan yang terbaik untuk para scientist muda kita. Sekian dulu ya bloggers, semoga kalian ikut terinspirasi untuk berprestasi seperti mereka.

Next post :
Kisah kesuksesan mereka INDONESIA SUKSES RAIH EMAS IMO 2013


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan komentar anda di kolom ini !