Senin, 06 Mei 2013

NIKMATILAH MACETMU!



Gara – gara macet, banyak orang terlambat. Bunyi klakson sembarangan menambah riuh suasana macet. Macet itu panas dan aarrrgghhhhh..., bikin emosi!!! Mungkin seperti itu ungkapan berbagai orang mengenai macet. Macet telah menjadi fenomena luar biasa bagi banyak orang. Berbagai macam ekspresi diluapkan orang ketika macet. Tidak ketinggalan ekspresi mereka menghiasi halaman media sosial. Hari demi hari solusi dicari untuk mengatasi kemacetan, namun kenyataannya hingga saat ini kemacetan belum bisa teratasi.

Sekedar share pengalaman, saya ini juga salah satu orang yang mengalami situasi macet ketika menempuh perjalanan. Apalagi saya ini adalah pengguna angkutan umum, maklum belum punya kendaraan pribadi. Anda tahu bahwa kualitas angkutan umum di negara kita ini masih jauh dari kata nyaman. Kebiasaan ‘ngetem’ pada angkutan umum mungkin menjadi hal yang menambah kekesalan kita selain macet.

Sudah sekitar empat tahun terakhir ini, saya masih bertahan menggunakan angkutan umum. Untuk mengatasi hal-hal menjengkelkan dalam perjalanan, terutama saat macet saya menemukan cara ampuh untuk mengatasinya. Sebenarnya ketika macet membuat anda jengkel dan kesal, maka anda dapat merubahnya menjadi suatu kenikmatan tergantung bagaimana cara anda menyikapi dan menanggapinya. Ada beberapa hal yang biasa saya lakukan ketika dihadapkan oleh kemacetan.
1) Menyalakan musik
Sebelum berangkat, hal yang wajib saya bawa ketika berpergian adalah handphone dan headsetAnda bisa mengoleksi lagu-lagu kesukaan anda dalam sebuah file. Kemudian, ketika macet tiba anda dapat menikmatinya. Semakin anda tenggelam dalam musik yang anda mainkan akan semakin enjoy diri anda. Ya, ini tips yang sudah banyak orang pakai, it’s simple.

2) Mencari inspirasi
Sebuah perjalanan dapat menghasilkan pengalaman baru. Tidak hanya perjalanan jauh, bahkan ketika berjalan ke tempat kerja saja banyak peristiwa menarik yang dapat anda lihat. Sebagai orang yang suka menulis, saya selalu mencatat setiap peristiwa unik yang saya temui selama perjalanan. Termasuk ketika macet, banyak hal menarik yang dapat anda jumpai. Ekspresi orang, keadaan lalu lintas, para pengamen, polisi dan sebagainya termasuk dalam penglihatan saya. Dengan melihat suasana di sekitar, bisa muncul inspirasi tertentu yang dapat membuat hidup anda lebih berwarna. Mungkin anda bisa membuat cerpen, puisi dan sebagainya. Lumayan kan, bisa menghasilkan sesuatu ketika macet.

3) Membaca
Membaca dapat juga kita lakukan ketika dalam perjalanan. Tapi ingat, hal ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang tidak sedang berkendara. Masa iya, orang berkendara sambil membaca, yang ada nanti malah celaka orangnya, hahaa... Ketika baru dicoba, membaca dalam perjalanan memang membuat pusing karena goncangan yang terjadi selama perjalanan. Akan tetapi, jika sudah terbiasa, membaca selama perjalanan akan menjadi hal yang mengasyikkan hingga tak terasa bahwa kita sedang dalam kemacetan.

4) Kreatif
Jika dicermati, macet itu dapat membuat manusia lebih kreatif loh. Gimana  caranya? Macet dapat membuat hidup kita lebih terjadwal. Coba perhatikan jam-jam macet. Kemudian susun kemungkinan waktu terjadinya macet dan buatlah kemungkinan kapan kita terhindar dari macet. Dengan demikian kita dapat mengurangi kemungkinan kita terkena macet. Selain itu, macet membuat kita harus pintar-pintar mencari jalur alternatif. Semakin banyak jalan yang kita temukan, semakin banyak pilihan bagi kita. Satu jalan macet, masih ada yang lain, tenang aja.

Itulah beberapa tips dari yang saya terapkan ketika macet yang menjengkelkan bisa berubah menjadi kenikmatan. Eitts, bukan berarti macet jadi nikmat dan biarkan aja terjadi. Tips ini hanya berupa cara untuk menyikapi kemacetan agar anda tetap nyaman dalam perjalanan. Ketika semua cara diatas tidak ampuh, saya lebih suka tidur. Namun, ini agak bahaya karena anda bisa jadi korban kejahatan nantinya. Tetap waspada dalam perjalanan ya. Jadi, sudahkan anda menikmati kemacetan?

by kribo kriwil's

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan komentar anda di kolom ini !