Jumat, 16 November 2012

TUGAS AKHIR, SIAPA TAKUT ???


            Hai blogger sekalian, apa kabar nih?? Semoga senantiasa dalam keadaan sehat wal’afiat ya. Kali ini, gw akan sedikit share mengenai tugas akhir ini atau biasa disingkat jadi TA. Wah, serem ya bahasnya tugas akhir, hehee.... Jangan  takut blogger, semua itu ada prosesnya untuk mempelajari semua itu. Sebenarnya, gw juga belum selesai sih tugas akhirnya, namun beberapa tips dari pembimbing gw mungkinakan bermanfaat bagi blogger semua.
            Mungkin pertama gw jelasin sedikit tentang alur tugas akhir yang ada di Jurusan gw, yakni Matematika. Untuk menuju coloqium atau yang biasa disebut seminar, ada beberapa tahapan yang harus dilewati. Pertama ialah sig 1, yakni mempresentasikan awalan tugas akhir kita, seperti judul, latar belakang dan garis besar pembahasan kita. Di sig 1, kita tidak harus menyelesaikan semuanya namun paling tidak kita mengerti apa yang akan kita lakukan ke depannya. Dari sig 1 ini, akan mendapat beberapa masukan dari dosen penguji yang hadir. Baik itu dari segi pemilihan topik, judul, hingga kerangka tugas akhir kita. Di sig 1 ini, tidak ada penilaian khusus, melainkan hanya saran dan masukkan untuk tugas akhir kita apakah layak atau tidak untuk dilanjutkan.
            Lanjut ya blogger. Setelah sig 1, ada yang namanya sig 2. Di sig 2 ini, kita akan membahas inti dari tugas akhir kita. Di sini akan terlihat kita sudah siap atau belum menuju coloqium. Pada sig 2, teori – teori yang kita gunakan serta pembahasan isi dari tugas akhir kita, dipresentasikan di sini. Namun, tetap di sig 2 ini belum ada penilaian secara khusus dari dosen – dosen penguji yang hadir melainkan masih berupa saran dan masukkan yang harus dipersiapkan untuk coloqium. Jika menurut penguji kita sudah cukup bagus di sig 2, maka kita dipersilahkan menuju ke coloqium.
            Nah, ini dia yang paling menegangkan, yakni coloqium. Coloqium di jurusan gw pada umumnya dihadiri oleh dosen pembimbing serta tiga dosen penguji yang sudah ditentukan sebelumnya. Di sini kita akan mempresentasikan tugas akhir kita secara lengkap mulai dari awal hingga akhir. Biasanya kita akan diberikan waktu tiga puluh menit untuk presentasi serta kurang lebih 90 menit untuk tanya jawab dengan penguji. Di coloqium inilah nilai tugas akhir kita ditentukan. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan, berikut tips yang gw kutip dari pembimbing gw.


 Penulisan
Walau tidak dilihat secara mendalam, penulisan merupakan faktor penting buat tugas akhir kita. Biasanya yang menjadimasalah ialah penulisannya suka tertukar antara satu huruf dengan huruf lainnya, misalkan setelah ditulisnya teselah. Jika initerjadi satu dua kali masih dianggap wajar, naamun jika berulang kali akan menjadi pertanyaan sendiri buat kita apakah kita sudah menulisnya dengan teliti atau belum. Hal lainnya yang berkaitan dengan penulisan ialah diksi (pemilihan kata) serta alur tugas akhir kita mulai dari pendahuluan, bab I hingga selesai apakah sudah sesuai atau belum. Saran dari gw, ssetelah selesai membuat papernya, usahakan dibaca  berulang – ulang agar tidak  terjadi kesalahan dalam pengetikan. Bisa meminta orang lain untuk mengoreksi tulisan kita serta meminta masukkan kepada pembimbing. Ingat, jika menurut kita tulisan kita bagus, belum tentu menurut orang lain bagus juga. Tetap koreksi dengan teliti tulisan kita.


Penguasaan Materi
Ini dia yang paling penting blogger. Secara, ini adalah tugas akhir kita. Kalo kita ga ngerti tugas akhir kita bagaimana kita menjelaskan kepada orang lain, ya gak? J Penguasaan materi akan terlihat dari bagaimana cara kita menjelaskan kepada peserta dan bagaimana cara kita menjawab pertanyaan yang diberikan oleh penguji. Jadi, siapkan dirimu sejak sekarang, Maksimalkan bimbinganmu dengan docen pembimbing sebaik mungkin. Jika ada yang tidak mengerti, segera cari jawabannya sehingga kita tidak bingung saat coloqium


 Presentasi
Selanjutnya dari segi presentasi. Pertama dilihat dari bagaimana PPT kita apakah enak dilihat atau gak. Kemudian, apakah dengan membaca slide PPT kita, peserta bisa mengerti atau tidak. Memang secara umum, antara enak atau gak enak dilihat tergantung orang sih, tapi biasanya penguji akan mengomentari hal ini. Siapkan segala alasanmu jika ditanya – tanya mengenai slide – slide yang ditampilkan. Usahakan gunakan slide seminimal mungkin agar tidak memakan waktu presentasi. Pemilihan bancground  PPT, serta appearrance kita saat presentasi.


 Kesulitan Materi
Setelah gw tanya sama pembimbing, ternyata hal ini juga dinilai. Tingkat kesulitan materi tugas akhir juga menjadi pertimbangan dalam pemmberian nilai tugas akhir kita. Lalu, apakah dengan materi yang lebih sulit nilainya akan lebih bagus? Gak gitu juga blogger, tetap usahakan pilih materi dari yang kita minati. Kalo dengan yang lebih sulit nilainya lebih bagus, namun kita gak ngerti pasti akan jelek juga nilai kita nanti, iya gak? J


            Nah, itulah beberapa tips yang mungkin bisa membantu blogger untuk lebih enjoy dalam membuat tugas akhir. Kalo kata pembimbing gw,” Ketika kamu tugas akhir, jangan berpikir bahwa ini akan mudah ditelusuri. Ini butuh proses untuk mengerti secara keseluruhan. Tugas akhir itu, seperti kita belajar ilmu baru yang belum kita pelajari. Ketika kamu menemukan materi, jangan baca isinya dahulu karena pasti akan membingungkan. Baca bagian abstrak serta pendahuluan, lalu lihat kesimpulannya. Dengan membaca bagian – bagian tersebut, kamu akan mengerti materi tersebut sebenarnya membahas apa sih. Nah, jika sudah tahu tinggal kamu pilih, cocok atau tidak dengan diri kamu. Jika cocok, mari kita pelajari bareng – bareng”. Jadi, pilih materi sesuai minat blogger, kalo udah minat sesulit apapun pasti kita akan senang mengerjakannya. Mungkin itu aja untuk tips – tips mengenai tugas akhir, jangan lupa untuk selalu belajar dan latihan agar tugas akhir ini mendapat nilai maksimal. Semoga tugas akhir kita dapat selesai dengan nilai yang terbaik, amin. Mohon doanya juga untuk gw ya blogger, semoga tugas akhir gw lancar, amin.
            Salam sukses untuk kita semua !!!                              

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan komentar anda di kolom ini !