REVIEW NOVEL HUJAN

Novel terbaru karangan Tere Liye berjudul Hujan yang menceritakan kehidupan seorang gadis bernama Lail, salah satu korban selamat dari bencana gunung meletus skala 8 VEI.

FT : MU vs ARSENAL 3-2

MU sukses meraih tiga poin setelah sukses mengalahkan Arsenal. Marcus Rashford, pemain berusia 18 tahun menjadi bintang dengan mencetak dua gol dan sat assist.

AYAT-AYAT CINTA 2

Sebuah novel karya Habiburrahman El Shirazy, merupakan lanjutan dari Ayat-Ayat Cinta 1 yang mengkisahkan hidup seorang muslim Indonesia bernama Fahri.

REMBULAN TENGGELAM DI WAJAHMU

Sebuah review novel karya Tere Liye. Novel yang mengisahkan jawaban atas pertanyaan berkecamuk milik Ray atas apa yang ia peroleh sepanjang hidupnya.

FT : SUNDERLAND VS MU 2-1

Bertandang ke Stadium of Light, MU justru kembali tersungkur. Perjalanan menembus empat besar pun kian sulit.

DILAN

Sebuah novel karya Pidi Baiq yang mengangkat kisah percintaan anak SMA. Ceritanya ringan dan menggemaskan.

FT : CHELSEA vs MU 1-1

Bertandang ke Stamford Bridge, MU harus puas berbagi angka. Sempat unggul melalui gol Jesse Lingard, gol Diego Costa pada menit ke-90 memupus harapan MU untuk membawa pulang poin penuh.

NEGERI DI UJUNG TANDUK

Sebuah review Novel karya Tere Liye : Negeri di Ujung Tanduk

Jumat, 16 November 2012

TUGAS AKHIR, SIAPA TAKUT ???


            Hai blogger sekalian, apa kabar nih?? Semoga senantiasa dalam keadaan sehat wal’afiat ya. Kali ini, gw akan sedikit share mengenai tugas akhir ini atau biasa disingkat jadi TA. Wah, serem ya bahasnya tugas akhir, hehee.... Jangan  takut blogger, semua itu ada prosesnya untuk mempelajari semua itu. Sebenarnya, gw juga belum selesai sih tugas akhirnya, namun beberapa tips dari pembimbing gw mungkinakan bermanfaat bagi blogger semua.
            Mungkin pertama gw jelasin sedikit tentang alur tugas akhir yang ada di Jurusan gw, yakni Matematika. Untuk menuju coloqium atau yang biasa disebut seminar, ada beberapa tahapan yang harus dilewati. Pertama ialah sig 1, yakni mempresentasikan awalan tugas akhir kita, seperti judul, latar belakang dan garis besar pembahasan kita. Di sig 1, kita tidak harus menyelesaikan semuanya namun paling tidak kita mengerti apa yang akan kita lakukan ke depannya. Dari sig 1 ini, akan mendapat beberapa masukan dari dosen penguji yang hadir. Baik itu dari segi pemilihan topik, judul, hingga kerangka tugas akhir kita. Di sig 1 ini, tidak ada penilaian khusus, melainkan hanya saran dan masukkan untuk tugas akhir kita apakah layak atau tidak untuk dilanjutkan.
            Lanjut ya blogger. Setelah sig 1, ada yang namanya sig 2. Di sig 2 ini, kita akan membahas inti dari tugas akhir kita. Di sini akan terlihat kita sudah siap atau belum menuju coloqium. Pada sig 2, teori – teori yang kita gunakan serta pembahasan isi dari tugas akhir kita, dipresentasikan di sini. Namun, tetap di sig 2 ini belum ada penilaian secara khusus dari dosen – dosen penguji yang hadir melainkan masih berupa saran dan masukkan yang harus dipersiapkan untuk coloqium. Jika menurut penguji kita sudah cukup bagus di sig 2, maka kita dipersilahkan menuju ke coloqium.
            Nah, ini dia yang paling menegangkan, yakni coloqium. Coloqium di jurusan gw pada umumnya dihadiri oleh dosen pembimbing serta tiga dosen penguji yang sudah ditentukan sebelumnya. Di sini kita akan mempresentasikan tugas akhir kita secara lengkap mulai dari awal hingga akhir. Biasanya kita akan diberikan waktu tiga puluh menit untuk presentasi serta kurang lebih 90 menit untuk tanya jawab dengan penguji. Di coloqium inilah nilai tugas akhir kita ditentukan. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan, berikut tips yang gw kutip dari pembimbing gw.


 Penulisan
Walau tidak dilihat secara mendalam, penulisan merupakan faktor penting buat tugas akhir kita. Biasanya yang menjadimasalah ialah penulisannya suka tertukar antara satu huruf dengan huruf lainnya, misalkan setelah ditulisnya teselah. Jika initerjadi satu dua kali masih dianggap wajar, naamun jika berulang kali akan menjadi pertanyaan sendiri buat kita apakah kita sudah menulisnya dengan teliti atau belum. Hal lainnya yang berkaitan dengan penulisan ialah diksi (pemilihan kata) serta alur tugas akhir kita mulai dari pendahuluan, bab I hingga selesai apakah sudah sesuai atau belum. Saran dari gw, ssetelah selesai membuat papernya, usahakan dibaca  berulang – ulang agar tidak  terjadi kesalahan dalam pengetikan. Bisa meminta orang lain untuk mengoreksi tulisan kita serta meminta masukkan kepada pembimbing. Ingat, jika menurut kita tulisan kita bagus, belum tentu menurut orang lain bagus juga. Tetap koreksi dengan teliti tulisan kita.


Penguasaan Materi
Ini dia yang paling penting blogger. Secara, ini adalah tugas akhir kita. Kalo kita ga ngerti tugas akhir kita bagaimana kita menjelaskan kepada orang lain, ya gak? J Penguasaan materi akan terlihat dari bagaimana cara kita menjelaskan kepada peserta dan bagaimana cara kita menjawab pertanyaan yang diberikan oleh penguji. Jadi, siapkan dirimu sejak sekarang, Maksimalkan bimbinganmu dengan docen pembimbing sebaik mungkin. Jika ada yang tidak mengerti, segera cari jawabannya sehingga kita tidak bingung saat coloqium


 Presentasi
Selanjutnya dari segi presentasi. Pertama dilihat dari bagaimana PPT kita apakah enak dilihat atau gak. Kemudian, apakah dengan membaca slide PPT kita, peserta bisa mengerti atau tidak. Memang secara umum, antara enak atau gak enak dilihat tergantung orang sih, tapi biasanya penguji akan mengomentari hal ini. Siapkan segala alasanmu jika ditanya – tanya mengenai slide – slide yang ditampilkan. Usahakan gunakan slide seminimal mungkin agar tidak memakan waktu presentasi. Pemilihan bancground  PPT, serta appearrance kita saat presentasi.


 Kesulitan Materi
Setelah gw tanya sama pembimbing, ternyata hal ini juga dinilai. Tingkat kesulitan materi tugas akhir juga menjadi pertimbangan dalam pemmberian nilai tugas akhir kita. Lalu, apakah dengan materi yang lebih sulit nilainya akan lebih bagus? Gak gitu juga blogger, tetap usahakan pilih materi dari yang kita minati. Kalo dengan yang lebih sulit nilainya lebih bagus, namun kita gak ngerti pasti akan jelek juga nilai kita nanti, iya gak? J


            Nah, itulah beberapa tips yang mungkin bisa membantu blogger untuk lebih enjoy dalam membuat tugas akhir. Kalo kata pembimbing gw,” Ketika kamu tugas akhir, jangan berpikir bahwa ini akan mudah ditelusuri. Ini butuh proses untuk mengerti secara keseluruhan. Tugas akhir itu, seperti kita belajar ilmu baru yang belum kita pelajari. Ketika kamu menemukan materi, jangan baca isinya dahulu karena pasti akan membingungkan. Baca bagian abstrak serta pendahuluan, lalu lihat kesimpulannya. Dengan membaca bagian – bagian tersebut, kamu akan mengerti materi tersebut sebenarnya membahas apa sih. Nah, jika sudah tahu tinggal kamu pilih, cocok atau tidak dengan diri kamu. Jika cocok, mari kita pelajari bareng – bareng”. Jadi, pilih materi sesuai minat blogger, kalo udah minat sesulit apapun pasti kita akan senang mengerjakannya. Mungkin itu aja untuk tips – tips mengenai tugas akhir, jangan lupa untuk selalu belajar dan latihan agar tugas akhir ini mendapat nilai maksimal. Semoga tugas akhir kita dapat selesai dengan nilai yang terbaik, amin. Mohon doanya juga untuk gw ya blogger, semoga tugas akhir gw lancar, amin.
            Salam sukses untuk kita semua !!!                              

Minggu, 11 November 2012

Kau bukanlah, cantikmu yang kucari, 
bukanlah itu yang aku nanti, 
tetapi ketulusan hati yang abadi

Kutahu, mawar tak seindah dirimu, 
awan tak seteduh tatapanmu 
tetapi, kutahu yang kutunggu hanyalah senyumanmu

-Senyumanmu-
LETTO

Sabtu, 13 Oktober 2012

Happy Birthday My Mom !!!

Happy birthday, happy birthday, happy birthday my mom!!! Selamat ulang tahun untuk ibuku tercinta, semoga engkau selalu diberi kesehatan, kesabaran serta kelapangan dalam mengurus anak - anakmu. Selalu diberi perlindungan oleh Allah swt dan semoga semakin berkah usianya, amin. Senantiasa diberi petunjuk oleh-Nya dalam setiap cobaan yang ada.

Terima kasih telah merawatku hingga aku  besar saat ini. Terima kasih telah memberikan kasih sayangmu yang tulus dan tak pernah putus untuk aku dan adikku. Terima kasih atas segala sesuatu yang telah engkau berikan untukku. Segalanya mungkin tak akan pernah bisa aku membalasnya. Maaf jika diusiamu yang ke-42 aku belum bisa membanggakanmu atau mungkin masih sering membuatmu kecewa. Bagiku, kau adalah ibu terhebat yang selalu menjadi panutan untuk anak -  anaknya. You're the best Mom!!

Minggu, 23 September 2012

Semester Tujuh

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuhh
Udah lama ga neblog lagi nih, Alhamdulillah masih diberi kesempatan buat ngeblog, :D

Ngomong - ngomong bloggers sekalian, gw udah semester tujuh loh sekarang, :D (*gak penting...). Dan seperti yang kalian ketahui, semester tujuh sudah merupakan masa - masa akhir perkuliahan. Untuk di UI, mahasiswa paling cepet lulus 3,5 tahun atau di semester 7. Ada sih yang lulus di bawah 3,5 tahun, tapi dilulusin secara paksa atau Drop Out, :). Nah, di semester tujuh ini, gw ambil 21 (dua puluh satu) sks plus nyicil skripsi bawah tangan. Alhamdulillah, gw juga udah dapet pembimbing bernama Dhian Widya, dosen Dasar Ilmu Komputer gw waktu semester pertama.

Oke, mungkin gw cerita tentang perjalanan mengenai peminatan yang akhirnya gw pilih. Semenjak semester pertama gw sangat minat sama statistik yang merupakan alasan gw juga mengapa mau masuk matematika. Katanya sih, statistik tuh useful di dunia kerja, banyak dicari dan segala informasi lainnya yang membuat gw tertarik untuk mencoba statistik. Beberapa kuliah statistik pun gw lalui. Mulai dari Statistika Elementer (Statel), Statistika Matematika I (Statmat I), Statistika Matematika II (Statmat II), Model Linier (Molin) I dan II, serta tidak ketinggalan Teknik Sampling. Ternyata cukup sulit juga mendalami statistik. Memang terlihat cukup useful buat di dunia kerja. Beberapa aplikasinya pun diajarkan ke gw dan gw juga sedikit mendapat gambaran penggunaannya nanti. Tapi ya lagi - lagi, sebagai anak Matematika kita dituntut untuk lebih paham mengenai asal muasal penggunaan metode, formula dan definisinya secara mendasar. Alasannya supaya kita bisa bernilai lebih dibanding orang yang hanya asal pakai statistik. We are mathematician bro,.... !!! Dan setelah melewati itu semua, gw ga ngerasa enjoy. Gak dapat feel nyaman dalam mempelajarinya. Mungkin cukup sulit dengan tipe  gw yang kaya gini, hehee...

Jumat, 07 September 2012

Sepatah Kata Untukmu

"Hanya ikatan ukhuwah pemersatu kita, penajam dan penguat izzah seorang muslim, tak ada intima selain kepada-Nya.  Wahai saudaraku, satukan barisan ini, jangan mundur kala melihat bahaya, terangi rambu jalan dan pertajam jiwamu, dengan petunjuk Allah untuk membimbing manusia"
-Ribathul Ukhuwwah-

"Jika kalian sedang bersedih, terpagut masa lalu menyakitkan, penuh penyesalan seumur hidup, salah satu obatnya adalah dengan menyadari masih banyak orang lain yang lebih sedih dan mengalami kejadian lebih menyakitkan dibanding kalian. Masih banyak orang lain yang tidak lebih beruntung dibanding kita. Itu akan memberikan pengertian bahwa hidup ini belum berakhir, membuat kita selalu yakin : setiap makhluk berhak atas setidaknya satu harapan"
-Dari sebuah Novel-

"Sesuatu yang nyata dan kompleks ternyata tersusun atas sub bagian kecil yang sederhana." (Konsep Chaos)
Mari mulai hal yang Besar dari sesuatu yang KECIL.
-Achmad Prayogi-

"Mimpi bukan hanya milik orang berbakat. Saat bermimpi, pejamkan mata, dengan demikian tidak ada yang akan meremehkan mimpi itu. Lalu yakinkan diri dan berusahalah"
-Ayu Dwisastri-

"Kehidupan bagai sebuah tasbih, berawal dan berakhir dititik - titik yang sama. Bukan hanya tasbih jika hanya satu butir, bukan kehidupan jika hanya 1 dimensi. Kehidupan akan selalu melewati serangkaian untaian butiran suka, duka, derita, bahagia, gembira, gagal ataupun sukses"
-Hunaidah-


"Orang yang jatuh cinta itu pasti gak suka tidur? Kenapa? Karena pada saat jatuh cinta kenyataan itu lebih indah daripada mimpi"

-Hitam Putih-

Rabu, 15 Agustus 2012

“PARA PEMUDA”, SANG PENGGERAK, PENGUBAH ATAU PENONTON?




Rasulullah saw bersabda, dari Abdullah bin Mas’ud radhiallahu ‘anhu, “Tidak akan beranjak kaki anak Adam pada Hari Kiamat dari sisi Rabbnya sampai dia ditanya tentang 5 (perkara) : Tentang umurnya dimana dia habiskan, tentang masa mudanya dimana dia usangkan, tentang hartanya dari mana dia mendapatkannya dan kemana dia keluarkan dan tentang apa yang telah dia amalkan dari ilmunya”. (HR. At-Tirmizi)

          Para pembaca yang insya Allah dirahmati oleh Allah swt, usia muda merupakan usia yang  produktif yang memberikan peluang cukup besar untuk melakukan karya manfaat yang sebesar – besarnya. Usia muda merupakan usia dengan semangat yang masih membara, energi masih cukup dan stamina tubuh yang masih fit. Tak pantas jika seorang pemuda bermalas – malasan dalam menjalani hidup, terlebih dalam berbuat sesuatu yang bermanfaat untuk agama, bangsa dan dirinya sendiri.
          Remaja memiliki tanggung jawab terhadap diri, lingkungan keluarga, negara juga agamanya. Islam sangat menghargai kaum muda dalam memperjuangkan kebaikan akan diri dan agamanya, bahkan Allah mengatakan bahwa Dia lebih menyukai seorang pemuda takut berbuat dosa dan memilih taat kepada Allah ketimbang kaum tua.  Remaja merupakan usia di mana seseorang menganggap dirinya masih cukup lama mengarungi kehidupan, sehingga terkadang dapat melakukan hal – hal apa saja yang dirasa ingin dicobanya. Oleh sebab itu wajar jika Allah sangat menyukai pemuda yang takut berbuat maksiat kepada-Nya.

Senin, 04 Juni 2012

AKU RINDU SAAT - SAAT ITU

Masa - masa ujian semester akhir - akhir ini cukup membut pusing kepala. Hampir setiap hari waktu untuk tidur berkurang karena belajar. Kebiasaan belajar larut malam hingga H-1 ujian masih kubawa sampai sekarang, padahal ga bagus sih. Efeknya seperti biasa, masuk angin dan pusing kepala menjadi umum kurasakan. Tetapi disela - sela kesibukan ujianku tersebut, aku menemukan inpirasi menarik dari obrolan teman - teman satu kontrakanku. Biasa, anak kos - kosan kalau sudah sampai di kosan suka ngobrol ngalor ngidul (ke mana - mana) yang penting asyik.

Akhir pekan lalu, tidak seperti biasanya teman - temanku masih ada di kontrakan. Biasanya jika sudah memasuki akhir pekan kontrakan akan sepi karena mereka pulang ke rumah masing - masing. Suasana ujian mungkin menjadi penyebab mereka untuk tidak pulang ke rumah dahulu. Seusai makan malam, aku dan teman - teman satu kontrakan berkumpul di ruang utama untuk sekedar ngobrol. Diawali dari pembicaraan ringan mengenai film, obrolan pun meluas. Salah seorang temanku menyatakan bahwa sekarang ia bosan dengan acara - acara di televisi setiap Minggu pagi. Alasannya, sekarang terlalu banyak acara televisi yang berbau konser - konser musik sehingga acara anak - anak seperti kartun berkurang. Padahal waktu zaman dia kecil, acara - acara kartun masih sangat menjamur dan ia sangat suka menontonnya.

Salah satu acara yang menurut mereka bagus ialah film Let's and Go. Film ini menceritakan tentang perjuangan kakak beradik Retsu dan Go untuk meraih impiannya menjadi pembalap mini 4WD (Tamiya) terhebat di dunia. Setiap episodenya pasti tidak akan kita lewati. Perjuangan kakak beradik tersebut di film pun terkadang kita terapkan di dunia masa kecil kita. Mulailah musim tamiya yang merajalela di kalangan anak - anak. Setiap anak pada masa itu, sangat ingin sekali memiliki tamiya yang kemudian saling adu cepat dengan punya temannya. Tidak jarang kita sampai menangis di depan kedua orang tua untuk dibelikan mainan ini. Dari hal tersebut timbul kekreatifan dari dalam diri kita untuk memodifikasi tamiya milik masing - masing dengan memberi tampilan yang menarik dan kecepatan yang diinginkan. Kadang - kadang dinamonya diganti, bannya juga diganti atau sekedar ganti body-nya. Ketika ingin main, kita berbondong - bondong ke rumah teman yang punya track tamiyanya atau ke rental tamiya yang menyewakan track-nya. Sangat menarik aku mengingat musim - musim permainan tamiya dulu.

Kamis, 24 Mei 2012

UAS in 6th semester


Hari ini adalah hari pertama gw menjalani UAS di semster 6. Di awal semester lalu, gw udah mematok target untuk kuliah gw di semester ini. Bagi gw, semester ini sangat penting karena untuk perjalanan kuliah gw ke depannya akan ditentukan di semester ini. Baik dari segi peminatan maupun mata kuliah yang akan gw ambil.

Hasil yang kurang memuaskan semester lalu, membuat gw berusaha lebih keras semester ini. Belajar lebih rajin, tak malu bertanya, sering latihan dan segala upaya lain gw upayakan. Tetapi, memang segala sesuatu yang gw jalani sekarang belum tentu hasilnya akan sesuai target. Semua kembali kepada Allah. Banyak - banyak berdoa mungkin salah satu jalan keluar agar seimbang dengan kerja keras yang kita lakukan.

Ada beberapa nasehat yang gw masih pikirkan sampai sekarang, yakni apakah gw kuliah untuk dapat nilai atau ilmu? Memang ada yang bilang kalo niat kita dapat ilmu, pasti nilai kita akan bagus. Namun, semakin ke sini, entah kenapa gw merasa sulit sekali untuk mendapat nilai bagus walaupun rasanya sudah bekerja maksimal. Ya, mungkin ini hanya rasa ketidakpuasan gw atas hasil yang gw terima dalam beberapa ujian terakhir. Gw merasa gak beruntung ketika gw udah belajar keras, ngerjain banyak soal, tanya sana - sini tapi ketika ujian nge-blank dan bingung gimana ngerjain soal ujian tersebut. Sementara teman gw yang belajarnya mepet, cuma ngerjain beberapa soal dia bisa ngerjain soal ujiannya karena beruntung soal yang dia kerjain keluar diujian. Apakah selalu seperti itu? Apakah ini teguran dari-Mu agar aku lebih rajin belajar. Ya Allah maafkanlah hamba-Mu jika selama ini masih kurang bersyukur atas segala karunia yang telah engkau berikan. Hamba hanya ingin yang terbaik untuk diri hamba. Jika ini memang ada ikmahnya, tuntunlah hamba dan istiqomahkan hamba di jalan-Mu. Hamba yakin Engkau sedang mempersiapkan rencana yang jauh lebih indah dari yang hamba duga.

Gw percaya akan kata - kata yang diucapkan oleh ust. Habiburrahman el Shirazy beberapa waktu lalu mengenai sebuah pepatah Arab yang artinya, " Jika keinginan kita kuat, maka akan teranglah jalannya ". Kuatkanlah tekad hamba ya Allah, iringi selalu diri hamba dengan segala karunia dan petunjuk-Mu serta istiqomahkan hamba agar selalu setia berjuang di jalan-Mu. Amin

Today is Geometri Analytic, Tomorrow is Linear Models 2, Monday are Network Optimization and Linear Programming, Wednesday is Algorithm Data & amp; Structure and the last on Thursday is Geometri Differensial. I hope, I can pass all of them well.

"JIKA KEINGINAN KITA KUAT, MAKA AKAN TERANGLAH JALANNYA"
(Sebuah Pepatah)


Minggu, 29 April 2012

Kami adalah ........


Kami bukanlah Laskar Pelangi yang berjuang di sekolah Muhammadiyah di Tanah Belitong.
Kami bukanlah laskar anak jalanan Baker's Street yang sering membantu tuan Sherlock Holmes memecahkan kasus.
Kami bukanlah sekelompok orang yang pandai bermain alat musik seperti orang - orang yang ada di cerita  "40 Days in Europe" yang mampu membuat Indonesia bangga.

Kami hanyalah orang yang sedang berjuang untuk masa depan kami, bangsa kami dan negara kami. Menjadi orang yang "From Zero to Hero". Karena kami yakin, kamilah armada masa depan yang akan mengukir dunia. Kami akan meraih semua bintang dan menebarkan sinarnya hingga menerangi semesta.

"Special for Math'09"