Rabu, 02 Maret 2011

JADI PENULIS NGETOP ITU MUDAH


Assalamualaikum Wr. Wb.

Hey guys, kebetulan saya nemu buku bagus nih beberapa hari yang lalu. Isinya tentang cara menulis yang baik dan menjadi penulis ngetop. Silahkan dibaca.....!!!!

KRITERIA TULISAN BAGUS

1.) Mengungkapkan Hal - Hal Baru
Sebuah tulisan sudah tergolong bagus apabila ia mengungkapkan hal - hal baru.

2.) Benar dan Lengkap
Cerita bohong tidak bisa menjadi tulisan bagus, menghebohkan mungkin iya. Tulisan bagus harus juga mengandung kebenaran dan lengkap. Tengoklah, berita di surat kabar bereputasi baik selalu menjunjung nilai - nilai kejujuran.



3.) Merupakan Pendapat/Ide Orisinal
Kolom atau opini yang dimuat dalam media massa dianggap bagus apabila mencerminkan pendapat/solusi/saran orisinal penulisnya atas suatu kejadian atau masalah. Tulisan yang tidak berisi ide baru tak dapat dikatakan bagus, walaupun penyajiannya memikat.

4.) Isinya Menggunggah
Tulisan yang bagus ialah yang mampu membuat pembacanya berbuat positif, memperbaiki akhlak dan moral masyarakat atau paling tidak memberikan inspirasi pencerahan.

5.) Temanya istimewa
Tema yang tidak biasa dapat menyulap sebuah tulisan bernilai tinggi dan bagus.

6.) Mengandung Kejutan
Novel - novel detektif, suspense atau thriller mengandalkan ketegangan dan kejutan untuk menjadi karya terbaik dan terpopuler.

7.) Menyangkut Peristiwa Besar
Analisis - analisis yang ditulis menyangkut peristiwa besar berpotensi menjadi tulisan bagus walaupun mundur menentang waktu.

8.) Mengenai Orang Ternama
Beberapa orang terkenal sering menulis otobiografinya dan otobiografinya itu, sangat membuat orang ingin tahu.

9.) Bahasanya Bagus
Sentuhan - sentuhan kata indah dan puitis yang dapat menyentuh pembaca dapat membuat krya - karya kita semakin bagus.

10.) Penulisnya Top
Kebanyakan pra penulis yang salah satu karyanya sudah terkenal, maka karya - karya lainnya akan selalu dinanti oleh para pembacanya.

11.) Terpublikasi Melalui Media Tepat
Sebagus apapun tulisan kita jika media publikasinya tidak baik, maka akan sia - sia. Usahakan publikasikan tulisan kita dengn cara yang baik dan tepat. Contoh, tulisan - tulisan yang biasa masuk dalam majalah - majalah terkenal pasti akan ditafsirkan bahwa tulisan - tulisan yang ada tersebut adalah tulisan yang berkualitas karena dimsukkan dalam majalah yang berkualitas.

Itulh beberapa kriteria tulisan bagus. Dari sini kita dapat menilai apakah tulisan kita telah memenuhi kriteria di atas atau belum. Jika sudah, tingkatkan lagi dan jika belum terus berusaha untuk bisa menjadi lebih baik. Untuk belajar cara - cara penulisan yang baik lebih lanjut, nantikan konten - konten selanjutnya ya!!!!
Semoga bermanfaat!!!!

Wassalamualaikum Wr. Wb.

To be continued .......!!!!


Dikutip dari buku "JADI PENULIS NGETOP ITU MUDAH" dengan beberapa perubahan

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan komentar anda di kolom ini !