Kamis, 20 Januari 2011

PELAJARAN HARI INI


Hari ini lagi - lagi aku mendapat pelajaran yang cukup memotivasi. Sungguh aku sangat bersyukur pada liburan kali ini aku banyak sekali mendapat pelajaran serta motivasi yang membangun yang memang sangat aku butuhkan di saat - saat sekarang. Maklum, nilai mata kuliahku semester ini sangat tidak memenuhi target. Hari in aku menhadiri kampus expo di sekolah ku, SMAN 63 Jakarta. Di sana aku bertemu dengan kak Ilham, kakak kelasku yang merupakan angkatan 2006. Ia juga kuliah di UI dan seudah mau lulus. Yang keren, dia adalah mahasiswa aktif di BEM UI dan sudah mau lulus dalam jangka waktu yang dibilang cukup normal (4 tahun ) dengan kondisi IP dan IPK yang masih stabil. Sungguh luar biasa. Salut dengan dia. Dan aku juga bertemu dengan kakak - kakak kelasku yang lain, diantaranya kak Riska yang sekarang di UNDIP. Ia angkatan 2007. Dan yang paling menakjubkan adalah pembicaraan Pak Eddy. Beliau memintaku untuk ikut serta membangun klub matematika yang baru mulai diliris beberapa saat ini. Beliau sangat menginginkan pengalaman saya dan kemampuan matematika saya agar bisa ditularkan kepada adik - adik kelas. Beliau menginginkan untuk ke depannya, matematika menjadi pelajaran yang menyenangkan dan lulusan 63 yang terjun ke dunia matematika menjadi lebih banyak. Sehingga muncul lulusan - lulusan yang mengikuti jejak saya. Dalam pikiran saya, hal tersebut memang cukup berat, karena melihat diri saya sendiri saja masih naik turun mengenai nilai matematikanya. Apalagi adik - adik kelas saya tenyata sangat semangat untuk belajar. Pak Eddy menceritakan bahwa adik - adik saya itu masih kelas X. Dan mereka sudah menerima pelajaran kelas XI dan XII. Beliau mengatakan bahwa mereka sangat haus akan ilmu.





Beranjak ke orang lain ialah Marzheila Anindya, adik kelasku yang baru masuk UI tahun 2010 lalu. Ia mengambil jurusan D3 Aktuaria. Ia bercerita kepada saya betapa sulitnya belajar aktuaria yang di dalamnya juga terdapat statistikanya. Aku sebenarnya sudah tahu bahwa aktuaria itu sulit, karena Aktuari juga merupakan salah satu peminatan yang ada di jurusanku, Matematika UI. Di matematika sendiri, aktuaria termasuk peminatan yang cukup sulit sehingga jarang mahasiswa yang mengambilnya. Tapi melihat semangat Anin yang sangat ingin belajar dan meminta bantuanku untuk sesekali membantunya ( padahal belum belajar matkul aktuaria) membuat ku tergetar. Dari pembicaraan tadi, dapat ku ambil satu hikmah yang cukup bermanfaat bagi saya. Adik - adik kelasku begitu bersemangat dan percaya padaku bahwa aku bisa membantunya. Begitu pula Pak Eddy yang percaya bahwa aku bisa membantunya untuk ikut berpartisipasi di klub matematika. Kepercayaan itu yang membuatku wajib untuk bisa. Wajib untuk belajar lebih baik. Semangat untuk memperbaiki diri. Kepercayaan yang mereka berikan tidak boleh aku sia - siakan. Aku harus mampu mengubah diriku Aku harus bisa bangkit dari penurunan ini. Banyak orang percaya padaku bahwa aku bisa melakukannya dan aku hrus membuktikannya.

Sungguh banyak pelajaran yang kudapatkan pada liburan kali ini. Terima kasih ya Allah yang masih menegurku, menyanyangiku dan memberikan banyak rahmatnya. Teruslah bimbing hamba-Mu yang masih sering berbuat dosa.



"I hope tomorrow is better than now"

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungannya, silahkan tinggalkan komentar anda di kolom ini !